Rahasia Peletakkan Produk di Rak Supermarket 2021

 Rahasia Peletakkan Produk di Rak Supermarket 2021

Grosir rak minimarket dan Jual Rak Supermarket dengan kualitas terbaik dan dengan harga yang termurah dengan bahan baja satu-satunya di indonesia. Memiliki produk baru untuk dipasarkan di toko atau supermarket bisa dibilang susah – susah gampang. Tetapi bila produkmu sudah pernah terjual, yang selanjutnya lebih mudah untuk terjual lagi. Lorong rak yang begitu panjang berisikan berbagai brand produk yang sama dengan produkmu akan selalu menjadi kompetitormu. Menata rak pun memiliki berbagai metode yang bisa diterapkan. Berikut merupakan metode untuk menata rak agar produkmu lebih standout.

Planogram



Planogram adalah diagram visual yang memberikan detail penempatan dari setiap produk di dalam toko/ supermarket/ minimarketmu. Skema yang dibuat juga menyangkut tentang pada lorong mana suatu produk harus ditempatkan. Tujuan digunakannya planogram agar rak supermarketmu tertata dengan rapi dan estetik. Tidak hanya itu planograms juga merupakan merchandising strategy menujukan untuk memaksimalkan kapasitas dan penjualan.

Produk akan dikelompokkan berdasarkan tipe, ukuran, popularitas atau kategori lain yang sesuai dengan pasar kamu. Sebelum menggunakan planogram, kamu membutuhkan data penjualan dan penyebab penjualan meningkat. Hal ini membuat planning kamu semakin matang. Untuk pertama kali menggunakan planogram, gunakan template planogram.

 



 

Gambar diatas merupakan template planogram. Gunakan template diatas dan mulai rencanakan rak kamu sesuai kategori yang kamu buat. Template diatas dibagi menjadi kategori rak sesuai representasi warna diatas, sesuaikan dengan ukuran rak yang kamu punya dan ukuran ruangan toko kamu.

Strategi Peletakkan Produk

Tiap supermarket memiliki metode tersendiri disaat menata rak tokonya. Seperti yang kamu tahu

Konsumen memiliki masalah untuk mengatur waktu disaat belanja sesuai dengan shopping list yang dibuat, meski konsumen yakin dirinya untuk belanja cepat. Hal ini merupakan tanda bagus karena produkmu lebih berpeluang untuk terpilih. Dibawah merupakan cara jitu untuk memaksimalkan peletakkan produkmu agar lebih profit.

 

Cross Merchandising

Cross Merchandising adalah metode peletakkan produk dengan meletakkan produk yang berkomplementer di satu rak untuk memancing konsumen lebih banyak membeli produk di supermarketmu. Metode ini sering berhasil karena disaat konsumen membeli satu produk, mereka akan berpikir apa lagi yang cocok dengan produk tersebut. Contoh yang populer seperti produk mi spageti yang disandingkan dengan produk saus bolognese.

 

Strategi Eye-Level Product

Dalam metode ini lebih mengarah bagaimana ketinggian peletakkan produk kamu ke dalam rak supermarket. Apakah mudah dilihat dan tidak perlu terlalu mendongak saat melihat produk kamu. Produk yang searah dengan jangkauan pandang rata – rata orang dewasa merupakan hal yang tepat untuk meletakkan produkmu yang sering dibeli. Pelajari juga bagaimana perilaku konsumen saat memilih produknya dan letakkan sesuai dengan kebiasan konsumen yang ada di supermarket.

 

Negosiasi Peletakkan Produk

Disaat kamu datang ke supermarket baru, pemilik supermarket tidak bisa langsung memberikan kamu posisi rak terbaik disana. Siapkan terlebih dahulu untuk menjelaskan kenapa produkmu harus ditempatkan di rak terbaik pada supermarket yang kamu datangi. Ingat, tidak ada orang tahu tentang kekuatan dari produkmu daripada dirimu sendiri. Lebih baik langsung melakukan negosiasi kepada pemilik supermaket langsung untuk menjelaskan kekuatan produkmu.

Cara paling ampuh untuk memperkuat penjelasanmu adalah menggunakan data yang sudah ada. Jelaskan bahwa produkmu akan menaikkan margin keuntungan. Menyertakan bukti kejadian juga membuat brand produkmu makin kuat lagi. Tidak hanya mempermudah untuk bersaing mendapatkan posisi rak terbaik. Kamu bahkan dapat memilih sendiri letak rak untuk produkmu.

 

Menentukan Style dari Rak Supermarket

Cara untuk menentukan style dari rak supermarket sangatlah mudah. Yang pertama ketahui apa saja style dari rak supermarket  yang ada. Ada tiga kategori untuk style dari rak supermarket. Berdasarkan struktur rak, ada rak dua sisi dan rak satu sisi atau disebut rak double. Berdasarkan backboard style, bisa rak dengan backboard kayu, rak dengan backboard wiremesh baja dan ada rak dengan backboard sunlight Sedangkan berdasarkan bahan baku rak, dibagi menjadi rak baja, rak besi dan rak kayu. Terus gimana caranya menentukan rak yang sesuai dengan supermarket? Sebagai contoh rak dengan backboard kayu bisa menutupi permukaan tembok supermarket kamu sedangkan rak dengan backboard wiremesh baja lebih terlihat transparan. Jika kamu membuka toko bahan pokok kamu bisa menggunakan rak baja.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pentingnya Memberikan Pelayanan Senyum, Salam dan Sapa Petugas Kasir di Minimarket

Cara Bikin Strategi Pemasaran Digital Rak Minimarket