Rahasia Peletakkan Produk di Rak Supermarket 2021
Rahasia Peletakkan Produk di Rak Supermarket 2021
Grosir rak minimarket dan Jual Rak Supermarket dengan kualitas terbaik dan dengan harga yang termurah dengan bahan baja satu-satunya di indonesia. Memiliki produk baru untuk dipasarkan di toko atau supermarket bisa dibilang susah – susah gampang. Tetapi bila produkmu sudah pernah terjual, yang selanjutnya lebih mudah untuk terjual lagi. Lorong rak yang begitu panjang berisikan berbagai brand produk yang sama dengan produkmu akan selalu menjadi kompetitormu. Menata rak pun memiliki berbagai metode yang bisa diterapkan. Berikut merupakan metode untuk menata rak agar produkmu lebih standout.
Planogram
Planogram adalah
diagram visual yang memberikan detail penempatan dari setiap produk di dalam toko/
supermarket/ minimarketmu. Skema yang dibuat juga menyangkut tentang pada
lorong mana suatu produk harus ditempatkan. Tujuan digunakannya planogram agar
rak supermarketmu tertata dengan rapi dan estetik. Tidak hanya itu planograms
juga merupakan merchandising strategy menujukan untuk memaksimalkan
kapasitas dan penjualan.
Produk akan
dikelompokkan berdasarkan tipe, ukuran, popularitas atau kategori lain yang
sesuai dengan pasar kamu. Sebelum menggunakan planogram, kamu membutuhkan data
penjualan dan penyebab penjualan meningkat. Hal ini membuat planning kamu
semakin matang. Untuk pertama kali menggunakan planogram, gunakan template
planogram.
Gambar diatas merupakan
template planogram. Gunakan template diatas dan mulai rencanakan rak kamu
sesuai kategori yang kamu buat. Template diatas dibagi menjadi kategori rak
sesuai representasi warna diatas, sesuaikan dengan ukuran rak yang kamu punya
dan ukuran ruangan toko kamu.
Strategi Peletakkan
Produk
Tiap
supermarket memiliki metode tersendiri disaat menata rak tokonya. Seperti yang
kamu tahu
Konsumen
memiliki masalah untuk mengatur waktu disaat belanja sesuai dengan shopping
list yang dibuat, meski konsumen yakin dirinya untuk belanja cepat. Hal ini
merupakan tanda bagus karena produkmu lebih berpeluang untuk terpilih. Dibawah
merupakan cara jitu untuk memaksimalkan peletakkan produkmu agar lebih profit.
Cross
Merchandising
Cross Merchandising
adalah metode peletakkan produk dengan meletakkan produk yang berkomplementer
di satu rak untuk memancing konsumen lebih banyak membeli produk di
supermarketmu. Metode ini sering berhasil karena disaat konsumen membeli satu
produk, mereka akan berpikir apa lagi yang cocok dengan produk tersebut. Contoh
yang populer seperti produk mi spageti yang disandingkan dengan produk saus
bolognese.
Strategi Eye-Level Product
Dalam metode ini lebih
mengarah bagaimana ketinggian peletakkan produk kamu ke dalam rak supermarket.
Apakah mudah dilihat dan tidak perlu terlalu mendongak saat melihat produk
kamu. Produk yang searah dengan jangkauan pandang rata – rata orang dewasa
merupakan hal yang tepat untuk meletakkan produkmu yang sering dibeli. Pelajari
juga bagaimana perilaku konsumen saat memilih produknya dan letakkan sesuai
dengan kebiasan konsumen yang ada di supermarket.
Negosiasi Peletakkan
Produk
Disaat kamu datang ke
supermarket baru, pemilik supermarket tidak bisa langsung memberikan kamu
posisi rak terbaik disana. Siapkan terlebih dahulu untuk menjelaskan kenapa
produkmu harus ditempatkan di rak terbaik pada supermarket yang kamu datangi.
Ingat, tidak ada orang tahu tentang kekuatan dari produkmu daripada dirimu
sendiri. Lebih baik langsung melakukan negosiasi kepada pemilik supermaket
langsung untuk menjelaskan kekuatan produkmu.
Cara paling ampuh untuk
memperkuat penjelasanmu adalah menggunakan data yang sudah ada. Jelaskan bahwa
produkmu akan menaikkan margin keuntungan. Menyertakan bukti kejadian juga
membuat brand produkmu makin kuat lagi. Tidak hanya mempermudah untuk bersaing
mendapatkan posisi rak terbaik. Kamu bahkan dapat memilih sendiri letak rak
untuk produkmu.
Menentukan Style dari
Rak Supermarket
Cara untuk menentukan style
dari rak supermarket sangatlah mudah. Yang pertama ketahui apa saja style dari
rak supermarket yang ada. Ada tiga
kategori untuk style dari rak supermarket. Berdasarkan struktur rak, ada rak
dua sisi dan rak satu sisi atau disebut rak double. Berdasarkan
backboard style, bisa rak dengan backboard kayu, rak dengan backboard wiremesh
baja dan ada rak dengan backboard sunlight Sedangkan berdasarkan bahan baku
rak, dibagi menjadi rak baja, rak besi dan rak kayu. Terus gimana caranya
menentukan rak yang sesuai dengan supermarket? Sebagai contoh rak dengan
backboard kayu bisa menutupi permukaan tembok supermarket kamu sedangkan rak
dengan backboard wiremesh baja lebih terlihat transparan. Jika kamu membuka
toko bahan pokok kamu bisa menggunakan rak baja.
Komentar
Posting Komentar