Cara Sukses Menjalankan Bisnis Supermarket! Lakukan 8 Tips Ini!


Tren bisnis supermarket berubah ubah seiring berjalannya waktu, apalagi pada zaman ini dimana teknologi semakin maju. Pertumbuhan marketplace yang disajikan online memudahkan konsumen untuk menjangkau supermarket. Supermarket harus beradaptasi agar bisa tetap bertahan. Berdasarkan survei dari Relex solutions, 82% responden lebih memilih produk yang masih segar saat memilih produk di supermarket, produk yang masih segar merupakan hal paling penting dalam bisnis supermarket ini. Salah satu tantangannya juga bagaimana cara menyelesaikan masalah terhadap produk – produk yang sudah tidak segar bahkan membusuk. Ketersediaan produk yang segar yaitu menyediakan banyak pilihan supplier untuk supermarket Anda. Lantas, apalagi yang bisa dilakukan untuk sukses dalam berbisnis di bidang supermarket ini? Berikut tipsnya!

 

1.      Memiliki Pengetahuan yang Dalam Mengenai Kebutuhan Konsumen dan Preferensinya

Tingginya kompetisi bisnis di bidang retail terutama supermarket menawarkan pertumbuhan yang lambat dan toko – toko bersaing ketat untuk pangsa pasar. Agar sukses dalam industri ini, mencatat kebutuhan konsumen dan membangun hubungan adalah hal penting untuk meningkatkan kepuasan konsumen dan meningkatkan reputasi bisnis Anda.

2.      Adopsi Teknik Manajemen Gudang yang Paling Cocok

Menerapkan sistem manajemen gudang merupakan suatu hal yang dilakukan jika Anda ingin menjalankan usaha untuk waktu yang lama. Hal ini karena sistem manajemen gudang berhubungan langsung dengan proses penjualan. Jika manajemen gudang tidak teratur, kemungkinan besar perusahaan akan memperoleh kerugian. Berikut hal – hal yang harus diperhatikan dalam manajemen gudang, buatlah data secara akurat, buatlah juga forecast persediaan, melakukan pengecekan stok, memisahkan stok lama dan baru dan menjadwal persediaan barang.

3.      Promosi, Kupon dan Diskon

Bisnis supermarket bisa menarik perhatian konsumen melalui promosi dan diskon pada produk yang dijual. Peraturan dalam memberi diskon adalah bagaimana Anda memberikan diskon tanpa kehilangan atau penurunan omset utama. Tapi jangan lupa untuk mengecek ulang stok disaat Anda menawarkan promosi ke konsumen. Untuk mencegah terjadinya barang yang tidak segar atau membusuk, produk yang bergerak secara slow-moving harus dimasukkan ke promosi dan diberi diskon.

4.      Kemajuan Teknologi

Pada zaman ini, toko menjadi salah satu prioritas konsumen untuk mencari produk yang masih fresh. Teknologi yang sudah maju telah memberikan pandangan baru dalam berbelanja termasuk belanja online. Agar bisa tetap mengikuti kemajuan teknologi ini, bisnis Anda harus mengintegrasikan dengan teknologi informasi dan hubungkan dengan sistem pergudangan yang ada. Dalam industri retail ini, agar mencapai kesuksesan harus fokus pada kondisi makanan yang masih fresh, manajemen gudang, mengurangi biaya pembuangan produk yang basi, teknik manajemen gudang yang baik juga diperlukan agar performa bisnis supermarket Anda membaik. Bisnis Anda harus mengadopsi strategi yang efektif dan buatlah keputusan yang pintar dengan pertimbangan menguntungkan konsumen juga.

5.      Penjadwalan Tenaga Kerja untuk Bisnis Supermarket

Antrian panjang di supermarket Anda dan tidak adanya staff yang mensupport untuk menangani hal ini akan menimbulkan berkurangnya konsumen dan reputasi supermarket akan memburuk. Disaat jam sibuk dan pada jam tersebut karyawan kuwalahan untuk meng-handle pelayanan, Anda bisa menambahkan orang lagi untuk membantu pada jam sibuk tersebut, Bisa pada bagian kasir dan bisa juga pada bagian penataan produk dan kebersihan agar terjaga kerapian dan kebersihan supermarket Anda.

6.      Menjaga Produk Supermarket Secara Teliti

Cermati produk – produk yang Anda jual di supermarket, cek apakah ada produk yang dicuri, produk yang kadaluarsa, produk yang cacat dari supplier, barang – barang yang rusak karena karyawan Anda dan cek produk daging dan ikan yang sudah tidak segar

7.      Sediakan Tempat Parkir yang Memadai

Supermarket yang baik akan memiliki tempat parkir yang memadai meskipun supermarket sedang ramai – ramainya. Tempat parkir dibutuhkan agar konsumen tidak perlu was – was untuk kendaraannya dan juga ada konsumen yang memiliki kecerendungan untuk tidak singgah ke supermarket tersebut karena kesulitan untuk mendapatkan tempat parkir sepeda motor maupun mobil.

8.      Harga yang Kompetitif

Supermarket yang baik memiliki harga yang kompetitif dengan supermarket lain. Perlu diingat harga murah bukan satu – satunya yang konsumen pikirkan saat membeli produk. Mereka juga menginginkan pelayanan yang super ramah dan produk yang mudah ditemukan. Jika harga di supermarketmu murah tapi staf yang melayani tidak bersahabat atau penataan produk membuat bingung konsumen. Berkemungkinan besar mereka akan hengkang dari supermarket Anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pentingnya Memberikan Pelayanan Senyum, Salam dan Sapa Petugas Kasir di Minimarket

Cara Bikin Strategi Pemasaran Digital Rak Minimarket