Cara Sukses Menjalankan Bisnis Supermarket! Lakukan 8 Tips Ini!
Tren bisnis supermarket berubah ubah seiring
berjalannya waktu, apalagi pada zaman ini dimana teknologi semakin maju. Pertumbuhan
marketplace yang disajikan online memudahkan konsumen untuk menjangkau
supermarket. Supermarket harus beradaptasi agar bisa tetap bertahan.
Berdasarkan survei dari Relex solutions, 82% responden lebih memilih produk
yang masih segar saat memilih produk di supermarket, produk yang masih segar
merupakan hal paling penting dalam bisnis supermarket ini. Salah satu
tantangannya juga bagaimana cara menyelesaikan masalah terhadap produk – produk
yang sudah tidak segar bahkan membusuk. Ketersediaan produk yang segar yaitu
menyediakan banyak pilihan supplier untuk supermarket Anda. Lantas, apalagi
yang bisa dilakukan untuk sukses dalam berbisnis di bidang supermarket ini?
Berikut tipsnya!
1.
Memiliki
Pengetahuan yang Dalam Mengenai Kebutuhan Konsumen dan Preferensinya
Tingginya kompetisi bisnis di bidang retail terutama supermarket
menawarkan pertumbuhan yang lambat dan toko – toko bersaing ketat untuk pangsa
pasar. Agar sukses dalam industri ini, mencatat kebutuhan konsumen dan
membangun hubungan adalah hal penting untuk meningkatkan kepuasan konsumen dan
meningkatkan reputasi bisnis Anda.
2.
Adopsi
Teknik Manajemen Gudang yang Paling Cocok
Menerapkan sistem manajemen gudang merupakan suatu hal
yang dilakukan jika Anda ingin menjalankan usaha untuk waktu yang lama. Hal ini
karena sistem manajemen gudang berhubungan langsung dengan proses penjualan.
Jika manajemen gudang tidak teratur, kemungkinan besar perusahaan akan
memperoleh kerugian. Berikut hal – hal yang harus diperhatikan dalam manajemen
gudang, buatlah data secara akurat, buatlah juga forecast persediaan,
melakukan pengecekan stok, memisahkan stok lama dan baru dan menjadwal
persediaan barang.
3.
Promosi,
Kupon dan Diskon
Bisnis supermarket bisa menarik perhatian konsumen
melalui promosi dan diskon pada produk yang dijual. Peraturan dalam memberi
diskon adalah bagaimana Anda memberikan diskon tanpa kehilangan atau penurunan
omset utama. Tapi jangan lupa untuk mengecek ulang stok disaat Anda menawarkan
promosi ke konsumen. Untuk mencegah terjadinya barang yang tidak segar atau
membusuk, produk yang bergerak secara slow-moving harus dimasukkan ke
promosi dan diberi diskon.
4.
Kemajuan
Teknologi
Pada zaman ini, toko menjadi salah satu prioritas
konsumen untuk mencari produk yang masih fresh. Teknologi yang sudah maju telah
memberikan pandangan baru dalam berbelanja termasuk belanja online. Agar bisa
tetap mengikuti kemajuan teknologi ini, bisnis Anda harus mengintegrasikan
dengan teknologi informasi dan hubungkan dengan sistem pergudangan yang ada.
Dalam industri retail ini, agar mencapai kesuksesan harus fokus pada kondisi
makanan yang masih fresh, manajemen gudang, mengurangi biaya pembuangan produk
yang basi, teknik manajemen gudang yang baik juga diperlukan agar performa
bisnis supermarket Anda membaik. Bisnis Anda harus mengadopsi strategi yang
efektif dan buatlah keputusan yang pintar dengan pertimbangan menguntungkan
konsumen juga.
5.
Penjadwalan
Tenaga Kerja untuk Bisnis Supermarket
Antrian panjang di supermarket Anda dan tidak adanya
staff yang mensupport untuk menangani hal ini akan menimbulkan berkurangnya
konsumen dan reputasi supermarket akan memburuk. Disaat jam sibuk dan pada jam
tersebut karyawan kuwalahan untuk meng-handle pelayanan, Anda bisa
menambahkan orang lagi untuk membantu pada jam sibuk tersebut, Bisa pada bagian
kasir dan bisa juga pada bagian penataan produk dan kebersihan agar terjaga
kerapian dan kebersihan supermarket Anda.
6.
Menjaga
Produk Supermarket Secara Teliti
Cermati produk – produk yang Anda jual di supermarket,
cek apakah ada produk yang dicuri, produk yang kadaluarsa, produk yang cacat
dari supplier, barang – barang yang rusak karena karyawan Anda dan cek produk
daging dan ikan yang sudah tidak segar
7.
Sediakan
Tempat Parkir yang Memadai
Supermarket yang baik akan memiliki tempat parkir yang
memadai meskipun supermarket sedang ramai – ramainya. Tempat parkir dibutuhkan
agar konsumen tidak perlu was – was untuk kendaraannya dan juga ada konsumen
yang memiliki kecerendungan untuk tidak singgah ke supermarket tersebut karena
kesulitan untuk mendapatkan tempat parkir sepeda motor maupun mobil.
8.
Harga
yang Kompetitif
Supermarket yang baik memiliki harga yang kompetitif
dengan supermarket lain. Perlu diingat harga murah bukan satu – satunya yang
konsumen pikirkan saat membeli produk. Mereka juga menginginkan pelayanan yang
super ramah dan produk yang mudah ditemukan. Jika harga di supermarketmu murah
tapi staf yang melayani tidak bersahabat atau penataan produk membuat bingung
konsumen. Berkemungkinan besar mereka akan hengkang dari supermarket Anda.
Komentar
Posting Komentar