Cara Bikin Strategi Pemasaran Digital Rak Minimarket
Cara Bikin Strategi Pemasaran Digital
Strategi pemasaran
digital tidak meninggalkan elemen strategi secara offline, atau bisa dibilang
mengkombinasikan kedua ruang yang ada. Untuk komponen digital seperti website,
SEO, emails, sosial media dan iklan online, akan tetapi jangan menghilangkan
komponen tradisional seperti taktik beriklan dan menggunakan telpon sebagai
komunikasi. rak minimarket
Ketahui Terlebih Dahulu
Darimana Anda Harus Memulai?
Hal pertama untuk
melakukan strategi pemasaran, ketahui dulu dimana start point Anda.
Seperti halnya Anda berjalan di suatu daerah yang tidak dikenali, untuk
mengawalinya Anda membuka peta dan menentukan dimana posisi Anda berdiri saat
ini sebelum pergi ke tempat selanjutnya. Disini maksudnya Anda harus mengetahui
objektifnya terlebih dahulu, apa yang harus Anda capai? Seperti apa strategi
pemasaran yang harus dilakukan?
Sekali Anda mengetahui
dimana posisi Anda, apa saja resources yang Anda miliki. Menginventarisir
personel, anggaran, waktu, dan keahlian yang tersedia. Jarang ada manager
pemasaran memiliki semua yang diinginkan. Selalu ada resources yang tidak
terpenuhi di area tertentu bahkan ada yang membutuhkan tenaga lebih. Anda bisa
mengawalinya dengan gap analysis dan mencari dimana kebutuhan tambahan
untuk strategi pemasarannya.
Tentukan tujuan
kedepannya yang ingin dicapai. Tidak seperti objektif yang ditentukan, yang
mana mungkin bisa menjadi tujuan terbesar, tujuan tersebut harus spesifik. Kita
harus mencoba untuk memindah unit tertentu, mencoba menjelajah ke teoriti baru,
membuat produk baru, meracik reward yang lebih kompetitif dan masih banyak
lagi. Anda harus tau arah strategi pemasaran Anda kemana.
Mari kita coba gunakan
analogi ini, kita memiliki banyak bahan baku di dapur, Kita harus membuat apa?
Masakan apa yang bisa kita sajikan secara bersamaan? Semakin banyak pengalaman
tim marketing dalam pemasaran, akan semakin baik pula performa strategi
marketing yang dijalankan.
Ketahui Gimana Cara
Kerja Memulai Strategi Digital
Hal ini bisa untuk
mengetahui dimana Anda berdiri sekarang tergantung seberapa besar perusahaan
Anda, departemen Anda atau seberapa besar tanggung jawab yang Anda miliki. Yang
paling mudah adalah memulai startup baru. Dan betul, hal tersebut juga sulit
karena di perusahaan start up Anda tidak memiliki apa – apa. Kasus pada
umumnya, dimanapun marketing selalu berjalan.
Skenario tersulit
mungkin ketika manajer pemasaran melangkah ke lingkungan baru. Mereka
dipindahkan ke divisi lain atau mereka baru di perusahaan, dan kemudian mereka
harus mencari tahu di mana mereka berada karena mereka berurusan dengan apa
yang sudah berjalan. Anda tetap harus menginventarisasi sumber daya yang Anda
miliki. Hanya saja lebih sulit dalam kasus itu
Jika Anda sudah nyaman
dengan operasi organisasi dan budaya, maka seharusnya tidak terlalu sulit untuk
mengetahui apa yang Anda miliki, karena Anda sudah menggunakannya.
Sekali Anda Sudah
Memiliki Pijakan, Apa yang Harus Dilakukan?
Ini adalah bagian yang
menyenangkan. Sekarang Anda harus membuat solusi yang belum ada, sehingga Anda
dapat mengambil inspirasi. Anda dapat melihat apa yang telah dilakukan orang
lain atau Anda dapat berkonsultasi dengan tim Anda.
Salah satu hal yang
sering kami anjurkan adalah pergi keluar dan melakukan penelitian nyata. Jika
Anda memiliki tujuan pemasaran, atau tujuan bisnis yang memiliki komponen
pemasaran, ada baiknya untuk mendapatkan masukan dari orang-orang yang akan
terkena dampak seperti pelanggan atau calon pelanggan. Bisa juga melibatkan tim
penjualan, tim sukses pelanggan, tim layanan pelanggan, pemasaran produk atau
operasi.
Setiap tim marketing
yang duduk dan mulai menerapkan strategi tanpa penelitian atau konsultasi harus
benar-benar berpengalaman, benar-benar beruntung, atau sebuah kebodohan, karena
tujuan pemasaran dirancang untuk mengubah perilaku. Apa pemicu yang akan lebih
efektif atau kurang efektif? Anda benar-benar harus memiliki pemahaman yang
baik tentang perilaku siapa yang Anda coba ubah dan bagaimana mencapainya.
Tips Terakhir untuk
Membangung Strategi Digital Secara Efektif
1.
Definisikan dengan pertanyaan “kenapa?”
2.
Bikin Cerita Brand Perusahaanmu
3.
Buat Tujuan yang Jelas
4.
Mengembangkan Persona Audience
5.
Buatlah Journey Map
6.
Identifikasi Platform Digital yang cocok
untuk perusahaanmu
7.
Mengembangkan strategi konten
8.
Buatlah draf untuk konten kalender
9.
Rencanakan Sumber Daya yang dibutuhkan
10.
Ukur hasil strategi digital Anda
Komentar
Posting Komentar