Cara Bikin Strategi Pemasaran Digital Rak Minimarket

 Cara Bikin Strategi Pemasaran Digital



Strategi pemasaran digital tidak meninggalkan elemen strategi secara offline, atau bisa dibilang mengkombinasikan kedua ruang yang ada. Untuk komponen digital seperti website, SEO, emails, sosial media dan iklan online, akan tetapi jangan menghilangkan komponen tradisional seperti taktik beriklan dan menggunakan telpon sebagai komunikasi. rak minimarket

Ketahui Terlebih Dahulu Darimana Anda Harus Memulai?

Hal pertama untuk melakukan strategi pemasaran, ketahui dulu dimana start point Anda. Seperti halnya Anda berjalan di suatu daerah yang tidak dikenali, untuk mengawalinya Anda membuka peta dan menentukan dimana posisi Anda berdiri saat ini sebelum pergi ke tempat selanjutnya. Disini maksudnya Anda harus mengetahui objektifnya terlebih dahulu, apa yang harus Anda capai? Seperti apa strategi pemasaran yang harus dilakukan?

Sekali Anda mengetahui dimana posisi Anda, apa saja resources yang Anda miliki. Menginventarisir personel, anggaran, waktu, dan keahlian yang tersedia. Jarang ada manager pemasaran memiliki semua yang diinginkan. Selalu ada resources yang tidak terpenuhi di area tertentu bahkan ada yang membutuhkan tenaga lebih. Anda bisa mengawalinya dengan gap analysis dan mencari dimana kebutuhan tambahan untuk strategi pemasarannya.

Tentukan tujuan kedepannya yang ingin dicapai. Tidak seperti objektif yang ditentukan, yang mana mungkin bisa menjadi tujuan terbesar, tujuan tersebut harus spesifik. Kita harus mencoba untuk memindah unit tertentu, mencoba menjelajah ke teoriti baru, membuat produk baru, meracik reward yang lebih kompetitif dan masih banyak lagi. Anda harus tau arah strategi pemasaran Anda kemana.

Mari kita coba gunakan analogi ini, kita memiliki banyak bahan baku di dapur, Kita harus membuat apa? Masakan apa yang bisa kita sajikan secara bersamaan? Semakin banyak pengalaman tim marketing dalam pemasaran, akan semakin baik pula performa strategi marketing yang dijalankan.rak minimarket

Ketahui Gimana Cara Kerja Memulai Strategi Digital

Hal ini bisa untuk mengetahui dimana Anda berdiri sekarang tergantung seberapa besar perusahaan Anda, departemen Anda atau seberapa besar tanggung jawab yang Anda miliki. Yang paling mudah adalah memulai startup baru. Dan betul, hal tersebut juga sulit karena di perusahaan start up Anda tidak memiliki apa – apa. Kasus pada umumnya, dimanapun marketing selalu berjalan.

Skenario tersulit mungkin ketika manajer pemasaran melangkah ke lingkungan baru. Mereka dipindahkan ke divisi lain atau mereka baru di perusahaan, dan kemudian mereka harus mencari tahu di mana mereka berada karena mereka berurusan dengan apa yang sudah berjalan. Anda tetap harus menginventarisasi sumber daya yang Anda miliki. Hanya saja lebih sulit dalam kasus itu rak minimarket

Jika Anda sudah nyaman dengan operasi organisasi dan budaya, maka seharusnya tidak terlalu sulit untuk mengetahui apa yang Anda miliki, karena Anda sudah menggunakannya.

Sekali Anda Sudah Memiliki Pijakan, Apa yang Harus Dilakukan?

Ini adalah bagian yang menyenangkan. Sekarang Anda harus membuat solusi yang belum ada, sehingga Anda dapat mengambil inspirasi. Anda dapat melihat apa yang telah dilakukan orang lain atau Anda dapat berkonsultasi dengan tim Anda.

Salah satu hal yang sering kami anjurkan adalah pergi keluar dan melakukan penelitian nyata. Jika Anda memiliki tujuan pemasaran, atau tujuan bisnis yang memiliki komponen pemasaran, ada baiknya untuk mendapatkan masukan dari orang-orang yang akan terkena dampak seperti pelanggan atau calon pelanggan. Bisa juga melibatkan tim penjualan, tim sukses pelanggan, tim layanan pelanggan, pemasaran produk atau operasi.

Setiap tim marketing yang duduk dan mulai menerapkan strategi tanpa penelitian atau konsultasi harus benar-benar berpengalaman, benar-benar beruntung, atau sebuah kebodohan, karena tujuan pemasaran dirancang untuk mengubah perilaku. Apa pemicu yang akan lebih efektif atau kurang efektif? Anda benar-benar harus memiliki pemahaman yang baik tentang perilaku siapa yang Anda coba ubah dan bagaimana mencapainya.

Tips Terakhir untuk Membangung Strategi Digital Secara Efektif

1.      Definisikan dengan pertanyaan “kenapa?”

2.      Bikin Cerita Brand Perusahaanmu

3.      Buat Tujuan yang Jelas

4.      Mengembangkan Persona Audience

5.      Buatlah Journey Map

6.      Identifikasi Platform Digital yang cocok untuk perusahaanmu

7.      Mengembangkan strategi konten

8.      Buatlah draf untuk konten kalender

9.      Rencanakan Sumber Daya yang dibutuhkan

10.  Ukur hasil strategi digital Anda

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pentingnya Memberikan Pelayanan Senyum, Salam dan Sapa Petugas Kasir di Minimarket